agar mata tidak pedih saat mengiris bawang merah

Saat sedang mengiris bawang merah atau mengulek bawang merah untuk membuat sambal, sering kita bercucuran air mata, pedasnya bawang merah sampai bikin mata ikut merah. Bagaimana cara menyiasatinya? Saya dulu beranggapan/berpikir bahwa mata menangis saat mengiris bawang merah karena cipratan air bawang merahnya mengenai mata. Kemudian saya bereksperimen dengan memakai kaca mata hitam saat saya disuruh mengiris bawang merah sebanyak 1 kg untuk acara hajatan di rumah. Akan tetapi, metode yang saya gunakan itu tetap tidak berhasil, mata saya tetap saja mengalirkan air mata dengan deras karena kepedasan.

Setelah mendapatkan informasi saat saya sedang menonton acara masak-memasak di TV pas di Jepang, saya jadi tahu bagaimana menyiasati agar mata tidak mengucurkan air mata saat mengiris bawang merah. Dan ternyata, solusinya hanya dengan menutup hidung dengan tisu! Rasa pedas di mata itu bukan berasal dari cipratan air bawang merah yang masuk ke mata, melainkan gas/uap yang dihasilkan bawang merah saat diiris itu terhirup oleh hidung kita dan menggelitik selaput lendir di dalamnya lalu diteruskan ke mata, karena memang ada saluran penghubung antara hidung dan mata. Jadilah mata bercucuran saat kita menghirupnya.

So, jika kita sedang mengiris bawang merah, siapkan kertas tissue untuk menutup/menyumpal hidung kita, dijamin ga akan mengalir itu air mata. Atau juka tidak ada tissue ya tutup dengan jari,hehe..

Mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencoba!