saat kelilipan (benda asing masuk ke mata)

Setiap orang pasti pernah kelilipan. Kelilipan adalah peristiwa benda asing yang biasanya berukuran kecil masuk ke mata secara tidak sengaja. Dan reflek orang yang kelilipan adalah dengan menguceknya, alhasil mata jadi merah dan benda asing yang masuk ke mata terasa mengganjal, dicari dengan melihat di kaca tidak ketemu, kemudian ada yang berusaha dengan minta tolong orang disampingnya untuk meniup matanya, atau bahkan ada juga yang berusaha dengan merambangnya di dalam air. Muka dimasukkan ke dalam air bersih, menahan nafas, lalu mata dibuka selebar-lebarnya. Pertanyaannya apakah ketiga metode tersebut berhasil mengatasi kelilipan? Hmmm, hanya sebagian kecil saja yang merasa nyaman setelah melakukan salah satu dari metode tersebut, dan menurut saya itu juga sebagian besar dipengaruhi oleh sugesti.

Dari membaca buku dan melihat tips di televisi, saya jadi tahu bagaimana langkah-langkah yang harus diaambil saat kita kelilipan. Jika hal itu terjadi, langkah yang diambil cukup simple, yaitu dengan memejamkan mata secara lembut/rileks, atau memejamkan mata seperti orang yang mau tidur, tidak ada otot di sekitar mata yang mengencang. Tahan beberapa detik sampai mata terasa nyaman. Kemudian bukalah mata, dijamin, mata tidak merah, tidak mengganjal, maupun terasa pedih.

Rahasia di balik memejamkan mata itu adalah bahwa Allah telah membuat sistem yang bekerja secara otomatis saat kita kelilipan. Pada saat mata kita pejamkan, mata segera bekerja untuk menyingkirkan benda asing itu dengan alami. Dan apabila kita malah menguceknya, maka sistemnya akan berjalan tidak sempurna alias rusak, mata jadi merah, dan serasa ada yang mengganjal, itu karena benda itu gagal disingkirkan secara alami.

So, buat siapa saja, bila suatu saat nanti kelilipan menimpa Anda, cukup pejamkan mata, dan serahkan pada mata kita untuk bekerja otomatis….:D

NB: kelilipan yang saya maksud di sini tidak berlaku untuk benda2 tajam (contoh:pecahan kaca, butiran kulit padi) atau benda/bahan kimia yang membahayakan mata. Jika setelah kelilipan dipejamkan pun tidak sembuh selama lebih dari 1 hari, segera bawa ke dokter mata, agar mendapatkan pertolongan yang profesional dari ahlinya.